Langsung ke konten utama

Mengurus Visa tokutei ginou di VFS GLOBAL Jakarta

 Minnasan ohayou gozaimasu genki desuka ? alhamdulillah proses pengurusan visa tokutei ginou yang aku urus sebentar akan sampai pada step terakhir yaitu keberangkatan. Banyak sekali campur aduk yang aku rasakan saat ini harus seperti apa. Aku bersyukur semua proses dari tahun lalu di bulan agustus aku mulai mencari tahu apa itu tokutei ginou, belajar materi, dan lainya dan setelah melewati semuannya kini tepat setelah setahun berlalu aku mendapatkan visa dan dapat segera masuk ke jepang. Kali ini aku akan bercerita bagaimana proses kepengurusan visa yang aku lalui kemarin di vsf global jakarta karena ktp ku masuk wilayah kepengurusan visa jepang masuk area jakarta. Sebaiknya minnasan bila akan mengurus visa jepang silahkan cek web kedutaan atau bertanya langsung ktp minnasan masuk wilayah kepengurusa dimana karena pengurusan visa jepang di indonesia itu tidak hanya di jakarta.

Setelah coe aku terima sehari itu juga aku melakukan pengurusan ID E-KTLN sebagai salah satu syarat kepengurusan visa. Disini aku hanya ingin memberitahukan proses pengurusan visa tokutei ginou ya untuk visa jenis lainya silahkan kalian mencari informasi melalui internet ataupun menghubungi kedutaan jepang di indonesia. Syarat - syarat pengurusan visa tokutei ginou antara lain :

1. COE

2. KTP

3. ID E-KTLN

4. Form pengajuan visa

5. Passport

6. Pass photo 4,5 x 3,5 cm

7. Print janji temu vfs global

 

Saran ku semua syarat tersebut di fotocopy saja ukuran A4 entah di minta atau tidak tapi setidaknya kita sudah memiliki copyanya karna biaya fotocopy dan print di vfs global mahal 1K untuk fotocopy dan 5K untunk print mahal bukan. Pengurusan visa ini juga memerlukan booking appointment atau janji temu melalui web vfs global. Strategiku kemarin agar tidak lama dan buang waktu aku booking appointment sehari sebelum melakukan kepengurusan E-KTLN karna berdasarkan info dari teman teman pengurusan E-KTLN juga tidak lama sehari pasti jadi. Dihari yang sama dengan pengurusan E-KTLN aku segera booking tiket kereta untuk ke jakarta untuk mengurus visa. Perjalanan semarang ke jakarta kurang lebih 6 jam. Untuk bagaimana cara booking appointment di web vsf global kalian juga harus membuat account terlebih dahulu untuk cara bagaimana membuat account dan booking ini tidak sulit kalian bisa cari info nya di youtube atau internet juga banyak. Jangan lupa ya print janji temu nya juga di print.

 

Untuk pengurusan visa jepang di jakarta tempatnya ada di kuningan city mall lantai 2. tempatnya besar sekali dan mudah di temukan. Tips dari aku lebih baik jika kalian tidak ingin menunggu lama di sana lebih baik datang kesana 10 menit sebelum jam janji minnasan karna waktu nya tidak bisa maju seperti tes ssw. Sebelum masuk vfs global akan ada security yang akan mengecek, sebelum masuk ruangan pengurusan visanya juga barang-barang yang minnasan bawa akan di cek setelah beres minnasan akan di berikan no tunggu yang nanti akan di panggil tenang loket pengurusannya banyak. Sebelum masuk dokumen - dokumen minnasan juga akan di cek oleh staff vfs di depan pintu masuk. Pengalamanku pengurusan visa ini juga tidak lama kurang lebih hanya 10 menit. Saat di loket staff vfs akan mengecek kembali dokumen minnasan dan bertanya apakah ini pengurusan hanya untuk di diri sendiri atau mewakilkan milik orang lain. Minnasan cukup jawab saja pertanyaan yang di tanyakan. Karna efek covid kemarin alhamdulillah jika proses pengurusan visa selesai minnasan yang tinggal di luar jakarta tidak perlu bolak balik ke jakarta karna dokumen visa minnasan akan dikirim.

 

Biaya pengurusan visa tokutei ginou yang aku kurang lebih Rp. 683.000 dengan detai sebagai berikut :

Rp. 400.000 untuk biaya pengurusan visa

Rp. 182.000 untuk biaya fee administrasi vfs

Rp. 101.000 untuk biaya kuir pengiriman

 

Proses visa jepang sendiri memerlukan waktu kurang lebih 4-5 hari kerja. Visaku sendiri menghabiskan waktu seminggu dari pengurusan hingga di terima di rumah. Sebenarnya pengurusan visa ini mudah tidak ribet hanya bagi yang bedomisili di luar jakarta harus ke jakarta. Bagi buat kalian yang tidak mau ribet pengurusan visa ini bisa di wakilkan kok alias minna san mengguakan jasa calo dengan biaya bervariasi mulai 800 rb hingga satu juta atau lebih. Semua kembali ke kebutuhan masing masing ya case di aku yang domisili di semarang setelah di itung - itung lebih murah ngurus sendiri dengan resiko capek sekalikus jalan jalan tipis ke jakarta. Untuk minnasan yang masih dalam tahap apapun mengejar visa apapun untuk kembali ke jepang semangat ya semoga lekas bisa terwujud dan jangan lupa berdoa ganbarimashou :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TSK untuk Tokutei Gimou mandiri

Heho alhamdulilah per 8 November 2021 jepang telah membuka bagi mereka yang ingin pergi kerjepang baik untuk visa study, visa magang, dan visa kerja. Namum belum buka untuk visa wisata. Semoga bumi ini cepat dapat pulih kembali dan normal seperti sedia kala ya Amin. Kali ini aku mau update mengenai proses TG ku setelah bulan lalu aku mengikuti ujian SSW. Agak sedih yorobun sekarang masih mentok tahap job hunting. Meski jepang sudah di buka ku fikir semuanya kan mudah tapi ternyata tidak semudah yang di bayangkan. Perusahan – perusahan jepang sepertinya masih berfikir untuk merekrut karyawan dari luar negri. Balik lagi semua ini karna corona. Jika kemarin masih sudah pusing dengan job hunting melaluli carrier advisor agen di Indonesia, sekrang mesti lagi juga semangat berjuang untuk griliya cari carrier advisor agen di jepang. Karena aku meilih untuk TG jalur mandiri. Sebenarnya TG itu bisa juga langsung apply melamar kerja langsung ke perusahaan tapi memang agak agak sulit juga apalagi

Biaya proses TG mandiri

  Konnichiwa minnasan ogenki desuka ? akhirnya aku sudah berada di jepang selama 2 minggu setelah drama - drama penantian coe, proses visa, terus di cancle schedule yang bikin aku marah - marah ke TSK akhirnya aku di berangkatkan juga. Bagaimana setelah di jepang ? cepek gaes. Tapi yang namanya kerja apapun pasti capek. Kapan - kapan aku akan bercerita mengenai bagaimana kerjaan ku di jepang. Kali ini aku akan menulis mengenai berapa biaya yang aku keluarkan untu proses TG mandiri yang aku lewati dari awal hingga keberangkatan dan beberapa tips buat kalian yang ingin ke jepang. Adapun biaya yang aku keluarkan adalah sebagai berikut :   1.  Biaya tes keterampilan SSW dan bahasa jepang Disini aku menulis untuk biaya tes keterampilan SSW untuk kaigo, dimana bidang kaigo ini memiliki 2 tes yaitu kemampuan komunikasi dalam bahasa jepang dan tes pengetahuan keterampilan kaigo dalam bahasa indonesia. Masing - masing biayanya sebesar Rp.132.000 jadi keduannya menjadi Rp.264.000. untuk tes baha