Langsung ke konten utama

Pengalaman Interview with HR

 Hallo balik lagi ketemu dengan ku Yang masih sama di posisi jadi job seeker. Kali ini aku akan cerita pengalaman ku ketemu dengan beberapa HR lebih tepatnya proses interview selama hampir 3 bulan ini jadi job seekers walaupun belum ada Yang nyantol juga dan masih belum kerja lagi juga. Bagi Yang masih dalam posisi Yang sama kayak aku Semangat ya Semoga jalan rezeki kita segera di pertemukan dengan jodoh tempat kerja Yang baik yang kondusif terutama untuk mental kita Amin ❤️


3 bulan ini aku sudah melewati 4x proses interview 1 perusahaan di bidang qc untuk garment sebagai merchaindiser dan 3 perusahaan dalam bidang otomotif untuk posisi lowongan sebagai japanese interpreter dan marketing. 


Perusahaan 1

Sebut saja perusahan QC biar lebih mudah. Sebenarnya perusahaan ku sebelumnya juga berhubungan dengan ini perusahaan. Proses interview pun bisa di bilang cukup professional, interview di perusahaan ini lebih banyak menggunakan bahasa jepang. Aku telah melewati tahap interview ke-2 namun lagi lagi belum rezeki ku karna memang user belum cocok karna aku tidak strong engouh dalam garment. Awalnya sih kecewa karna jujur sebenarnya sudah paham sistim kerjanya seperti apa tapi balik lagi belum jodoh.

Perusahaan 2

Kita sebut perusahaan ini dengan M. Perusahaan ini perusahaan Yang berhubungan dengan packaging untuk otomotif di daerah karawang. Jujur aku menemukan HR Yang nggak professional baru kali. Mengikuti proses interview dengan perasaan serasa di intimidasi apa aku saja Yang baper ya. Nggak ada ramah ramahnya sama sekali. Apalagi “Apa usia 28th belum menikah” apakah sopan seorang HR berkomentar dengan hidup seorang interviewers seperti itu ? Dan ceramah mengenai dunia kerja sikut sikutan. Jujur aku sebagai kadidat ngrasa ngeri jangan jangan dunia kerja di perusahaan itu seperti itu ? Akhirnya aku say goodbyes dengan perusahaan itu. Ngeri ngeri sedep sudah syukur bisa lepas dari kandang macam lebih sayang mental lah. 

Perusahaan 3

Di perusahaan ini memang agak agak lucu sih sungguh bapak HR nya baik sekali. Sebut saja perusahaan F di karawang juga. Awalnya beliau menghubungi lewat telp sambil gaje gaje gitu tapi ternyata beliau senior manager HR nya dan sudah sampai di beri kesempatan untuk mencoba tes tertulis untuk translate dokumen. Sebenarnya lolos untuk interview user tapi bahasa senmon hyougo atau pengetahuan gue tentang mesin masih kurang. Karna pertimbangan tempat karna posisiku juga jauh di kan.semarang akhirnya aku harus merelakan juga lowongan tersebut. Lagi lagi nggak jodoh.

Perusahaan 4

Sebenarnya belum masuk interview user sih tapi Semoga aja all going well. Ini HR agen nya baik banget, proses interviews juga serasa nggak interview bisa mengalir hingga proses interview 45 menit pun tidak terasa. Sunggu profesional menurutku. 


Semangat ya jangan patah Semangat chaiyoo


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TSK untuk Tokutei Gimou mandiri

Heho alhamdulilah per 8 November 2021 jepang telah membuka bagi mereka yang ingin pergi kerjepang baik untuk visa study, visa magang, dan visa kerja. Namum belum buka untuk visa wisata. Semoga bumi ini cepat dapat pulih kembali dan normal seperti sedia kala ya Amin. Kali ini aku mau update mengenai proses TG ku setelah bulan lalu aku mengikuti ujian SSW. Agak sedih yorobun sekarang masih mentok tahap job hunting. Meski jepang sudah di buka ku fikir semuanya kan mudah tapi ternyata tidak semudah yang di bayangkan. Perusahan – perusahan jepang sepertinya masih berfikir untuk merekrut karyawan dari luar negri. Balik lagi semua ini karna corona. Jika kemarin masih sudah pusing dengan job hunting melaluli carrier advisor agen di Indonesia, sekrang mesti lagi juga semangat berjuang untuk griliya cari carrier advisor agen di jepang. Karena aku meilih untuk TG jalur mandiri. Sebenarnya TG itu bisa juga langsung apply melamar kerja langsung ke perusahaan tapi memang agak agak sulit juga apalagi...

Mendan dengan TSK Tokutei Ginou

Selamat tahun baru semuanya, Akemashite omedetou gozaimasu yoi o toshi o ! Bagaimana masih semangat ? walaupun hilal belum terlihat entah sampe kapan ini border ke jepang akan di buka. Semoga lekas di buka ya dan bagi yang masih prepare untuk persiapan ujian JFT, SSW, dan yang lainnya semoga di beri kelanjaran dan kemudahan Amin. Kali ini aku akan share dan tips mengenai Mendan dengan TSK bagi para pejuang TG. Untuk mendapatkan visa TG itu ada beberapa step yang harus dilalui. Sebelumnya aku telah menjelaskan bagaimana cara nya cari job TG sendiri. Disini aku akan lebih menjelaskan bagi kalian yang memang ingin melalui prosesnya melalui mandiri. Yang aku tulis ini sesuai dengan apa yang aku alami dan lebih khusus untuk yang ingin mengambil job kaigo. Untuk job lainya mungkin sebagian besar sama sih. Mendan bersama TSK ini adalah proses screening yang akan menentukan seorang kadidat ini layak atau tidaknya untuk di perkenalkan oleh mereka kepada perusahan – perusahan di jepang sesuai de...

SSW Kaigo

Akhirnya aku menyerah untuk mengejar working visa ke jepang dan banting stir ke Tokutei Ginou. Ini adalah visa yang lebih mudah dan kita semua bisa apply dengan syarat memiliki sertifikat minimal JLPT N4 atau JFT A2 dan sertifikat keahlian. Keahliannya pun banyak namun di indonesia sekarang baru tersedia bebera bidang seperti kaigo, pertanian, pengolahan makanan, dan restaurant. Semua bisa mengikuti ujian tersebut dengan minimal usia 18 tahun. Aku sendiri tertarik untuk mengikuti dalam bidang kaigo. Kaigo adalah jenis perawatan lansia, jadi nanti kerja nya ya di panti jompo. Alasan ku tertarik karena Peluang kerja yang paling banyak adalah bidang ini. Aku berfikir bila dengan bidang ini akan mempermudah untuk segera berangkat kerja di jepang. Sudah sebulan aku belajar mengenai kaigo ini dengan berdasar modul yang juga dapat di download di prometic website. Sempat merasa bingung dan jujur khawatir apakah bisa mencoba bidang kerja baru ini. Namun setelah berdiskusi dengan beberapa teman ...